Beranda Berita Utama Di Kaur, Jenazah Covid-19 Tidak Diurus Satgas

Di Kaur, Jenazah Covid-19 Tidak Diurus Satgas

3718
0
IST/RKa
JENAZAH : Jenazah almarhum saat tiba di rumah duka, Senin dini hari (19/7).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Satu pasien Covid-19 Halimah (34) warga Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan, Minggu (18/7) meninggal dunia. Almarhumah dimakamkan di TPU Bandar Jaya dengan mematuhi protokol kesehatan yang dilakukan relawan Covid Desa Kepala Pasar. Walaupun almahrum dinyatakan postif Covid-19, jenazah almarhumah belum diurus petugas Satgas Covid maupun pihak RSUD. Sehingga jenazah setibanya di rumah duka terpaksa diurus relawan desa dan keluarga.

“Seharusnya apabila pasien Covid-19 dinyatakan meninggal, pengurusan jenazah sudah dilakukan pihak RSUD. Desa hanya menyiapkan keperluan lain. Ini malah sebaliknya,” kata Kades Kepala Pasar, Roni Agusman.

Dikatakan Roni, almarhum tiba dirumah duka pukul 01.30 WIB, diantar ambulance RSUD. setibanya di rumah duka, jenazah almarhumah dimasukan di dalam peti dan belum diurus. Belum dimandikan, belum dikapani apalagi disalatkan. Dengan keadaan seperti itu, jenazah almarhumah terpaksa diurus telawan desa.
Lanjut Kades, dari keterangan petugas yang mengantar jenazah dari RSUD, belum diurusnya jenazah almarhumah karena pihak RSUD dan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kaur belum memiliki tim khusus pengurusan jenazah Covid-19.

“Aneh penanganan Covid-19, sudah bertahun-tahun, belum memiliki petugas pengurusan jenazah. Ini harus diperhatikan, jangan sampai kembali terjadi ada pasien Covid-19 yang meningal diantar pulang tanpa diurus,” tutup kades.

Sementara Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Kaur, Ujang Syafiri, S.Pd, SIP mengatakan Satgas penanganan jenazah Covid-19 disepakati dulu dari RSUD, tetapi tim ini nampaknya tidak berjalan efektif. Sehingga melibatkan tim keluarga yang dilengkapi APD oleh pihak Dinas Kesehatan untuk melakukan pemulangan hingga pemakaman. (ujr)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here