Beranda Lintas Kecamatan Desa Mesti Punya Produk Unggul

Desa Mesti Punya Produk Unggul

73
0

MAJE – Jika ingin desa cepat berkembang dan maju. Seharusnya memiliki produk yang diungggulkan untuk dijual. Sehingga desa tersebut akan dikenal dan didatangi banyak orang untuk membeli hasil tersebut.Ini disampaikan Camat Maje Anshari, S.Sos. Tentang hasil yang diunggulkan setiap desa tidak harus sama satu dengan yang lainnya. Tergantung dengan kondisi alam di desa bersangkutan.

“Memang kalau ingin maju harus ada terobosan yang dilakukan pihak desa. Baik itu di bidang pariwisata, pertanian, peternakan, usaha tertentu dan hasil kerajinan. Dengan langkah itu maka jika hasil yang dilakukan itu diminati bangsa pasar. Maka desa bersangkutan akan dicari oleh pihak peminat hasil mereka,” sebutnya.

Karena itulah maka unsur pemerintahan desa, lanjut Camat Maje, perlu melakukan penggalian potensi yang ada di desanya. Jangan hanya diam mengharapkan program dari pemerintah semata. Sudah saatnya desa aktif untuk mengembangkan diri. Dari sisi biaya kini ada Dana Desa (DD). Bisa saja DD itu dimanfaatkan untuk pengembangan usaha masyarakat melalui mekanisme tertentu.

“Sudah lima tahun program DD diluncurkan pemerintah. Tapi sampai kini belum ada satu desa pun di Maje ini memiliki program yang bisa membuat desanya lebih maju. Kondisi ini harusnya menjadi pola pikir pemerintahan desa untuk kebaikan warganya,” katanya.(mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here