Beranda Berita Utama Dana Desa Ulak Lebar Terbesar, Pagar Dewa Terkecil

Dana Desa Ulak Lebar Terbesar, Pagar Dewa Terkecil

158
0

BINTUHAN – Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk 192 desa di Kabupaten Kaur jumlahnya mencapai Rp 147 miliar lebih. Dari jumlah tersebut, Desa Ulak Lebar Kecamatan Muara Sahung mendapatkan DD terbesar dengan jumlah Rp 1,3 miliar. Sedangkan terkecil Desa Pagar Dewa Kecamatan Tetap Rp 615 juta. Jika dibandingkan tahun 2020, jumlah DD tahun 2021. Tahun 2020 jumlah DD Rp 149 miliar lebih.

“Untuk DD tahun 2021 lebih kecil dari tahun 2020. Tahun 2020 Rp 149 miliar lebih dan tahun 2021 Rp 147 miliar lebih. Perbup DD 2021 saat ini masih dalam pembahasan. Sedangkan desa penerima DD 2021 terbesar Desa Ulak Lebar Kecamatan Muara Sahung dan terkecil Desa Pagar Dewa Kecamatan Tetap,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H.Asmawi, S.Ag,MH melalui Kabid Kelurahan dan Desa, Doni Raspino, ST kepada Radar Kaur (RKa), Rabu (13/1).

DD tahun 2020 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, pembagian DD disesuaikan dengan kategori yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Dengan rumus khusus, didapatlah persentase pembagian per desa. Diantara yang faktor yang diperhatikan, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan Indeks Kesulitan Geografis (IKG).

“Alokasi anggaran yang diterima setiap desa tidak sama karena berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah serta yang lainnya,” terangnya Kabid.

Dengan telah diketahui jumlah anggaran DD, sedangkan untuk pencairan DD tahun 2021 masih menunggu turun Perbup. Apabila proses perbup tersebut tuntas maka desa sudah bisa mengajukan pencairan DD tahun 2021. Dengan catatan pihak desa melengkapi syarat pencairan seperti Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan syarat lainnya. Dalam pencairan DD 2021 masih sama dengan tahun 2020, yang mana setelah berkas pihak Desa dinyatakan lengkap oleh PMD dan diberi rekomendasi pihak desa langsung ke Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) yang ada di Manna Bengkulu Selatan. Setelah semuanya lengkap maka DD akan langsung masuk ke rekening Desa masing-masing. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here