Beranda Lintas Kecamatan Damar Mata Kucing Meroket

Damar Mata Kucing Meroket

81
0

MAJE – Harga getah damar mata kucing sempat anjlok di pasaran hanya Rp 11.000/kilogram (Kg). Tapi saat ini getah damar diduga sedang mengalami kelangkaan. Sehingga harga naik lebih dari 100 persen, kini mencapai Rp 23.000/Kg. Sayangnya, potensi getah damar mata kucing di Sambat (Desa Air Jelatang, Tanjung Ganti, Kedataran dan Penyandingan) sudah tidak sebanyak dulu. Dalam tahun ini (2020), telah terjadi penurunan angka hasil getah damar, hanya berkisar 1 ton/bulan.. Pada pada lalu (2019) minimal 2000/Kg – 3000/Kg setiap bulan.

Pembeli getah damar mata kucing Tardian (37) membenarkan, memang saat ini potensi getah damar di Sambat terjadi penurunan drastis. Sebab kalau tahun – tahun sebelumnya dia melakukan pengiriman getah damar minimal dua kali sebulan. Sedangkan untuk 2020 ini pengiriman damar terkadang lebih satu bulan hanya satu kali.

“Getah damar kini memang sudah sulit. Kondisi ini karena tidak ada lagi masyarakat membuat kebun damar. Sedangkan pohon damar yang lama banyak yang mati atau digesek untuk diambil kayunya,” jelas dia.

Bisa saja terjadi, sebut dia, dalam waktu lima tahun mendatang. Getah damar sudah sangat sulit di daerahnya ini. Apalagi saat ini masyarakat sudah banyak mengubah pola kebun. Masyarakat sudah kurang berminat pada tanaman damar. Karena sudah banyak pilihan tanaman yang bisa menghasilan jenis lainnya.

“Kebun damar yang panen saat ini adlah tanaman lama. Rerata lingkangan batangnya sudah sebesar drum. Kalau tamanan pohon damar yang baru sudah tidak ada lagi. Terkeculi ada pohon damar itu tumbuh di lokasi kebun masyarakat,” ujar dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here