Beranda Berita Utama Cawabup Cabut Undian, Cabup Tarik Nomor Urut

Cawabup Cabut Undian, Cabup Tarik Nomor Urut

107
0

UJANG/RKa
PENETAPAN : LO dua Paslon Bupati-Wabup Kaur bersama komisioner KPU Kaur, usai menerima suratan penetapan Paslon, Rabu (23/9).

BINTUHAN – Setelah ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wabup Kaur, Kamis hari ini (24/9), Paslon Gusril Pausi,S.Sos,MAP-Medi Yuliardi, ST dan H Lismidianto,SH,MH-Herlian Muchrim, ST melakukan penarikan nomor urut. Penarikan nomor urut dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Kaur pukul 09.00 WIB.
Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto,SE dan Komisioner Divisi Teknis Penyelanggara Irpanadi,S.IKom menerangkan, penarikan nomor urut Paslon dilakukan dua tahap. Tahap pertama, yakni penarikan nomor undian yang dilakukan Calon Wakil Bupati (Cawabup). Nomor undian yang didapat Cawabup ini yang menentukan siapa Calon Bupati (Cabup) yang pertama melakukan penarikan nomor urut.

“Sistem pencabutan nomor urut Paslon dilakukan dua kali. Pertama dicabut oleh Cawabup, kedua dicabut oleh Cabup. Cabutan nomor undian yang diperoleh Cawabup menentukan siapa yang pertama mencabut nomor urut Paslon,” terang Irpan.

Sedangkan untuk penarikan nomor undian, dilakukan berdasarkan kedatangan. Paslon yang pertama tiba di KPU akan diberikan kesempatan pertama melakukan penarikan nomor undian yang dilakukan Cawabup.

Lebih lanjut, KPU meminta kedua Paslon tidak membawa massa pendukung dan simpatisan. Untuk menghindari penyebaran Covid-19. Paslon juga wajib mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Persiapan untuk pencabutan nomor urut Paslon sudah dilakukan dengan matang. Dengan mengundang Paslon, pimpinan partai pengusung dan LO (penghubung) Paslon. Paslon sudah diimbau untuk tidak membawa massa pendukung dan simpatisan. Yang boleh memasuki perkarangan KPU Kaur, hanya Paslon, LO dan ketua partai pengusung.

“KPU sangat berharap dua Paslon bisa memenuhi imbauan agar bisa mengikuti aturan yang ada,” harap Irpan.

Terkait penetapan Paslon, jelasnya, sesuai dengan hasil rapat pleno. Memutuskan kedua Bapaslon Memenuhi Syarat (MS) dan berhak ditetapkan sebagai Paslon atau sebagai peserta Pilkada Kaur.

Pleno penetapan Paslon Bupati – Wabup berjalan lancar dan aman. Meski demikian, pihak dari Polri dan TNI tetap berjaga-jaga di Kantor KPU Kaur.(ujr)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here