Beranda Tak Berkategori Cakades Incumbent Lebih Siap Bersaing

Cakades Incumbent Lebih Siap Bersaing

89
0


KAUR UTARA – Beberapa desa yang menggelar Pemilihan Kades (Pilkades) menempatkan calon incumbent. Cakades incumbent tentunya siap bertarung dengan Cakades penantang pada tanggal 6 Februari 2021 mendatang. Lobi politik pun mulai terlihat jelas di desa. Calon incumbent memiliki visi melanjutkan program pembangunan dan pemerintahan desa, sementara penantang lebih cenderung mengusung politik perubahan. Namun, masyarakat yang mulai pintar dalam berpolitik, tidak serta merta langsung tertarik dengan gerakan perubahan. Mengingat, kondisi negara yang nyaris lumpuh akibat pandemi Covid-19.

“Perubahan yang ditawarkan oleh Cakades penantang sangat baik. Namun, tidak semua dapat dilakukan perubahan, khususnya pada pola pembangunan. Apalagi, desa hanya mengandalkan kucuran Dana Desa (DD). Ditengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada anjloknya ekonomi tentu pemerintah pusat lebih cenderung menyiapkan anggaran untuk pemulihan ekonomi,” kata Istarwan (52) warga Desa Perugaian Kecamatan Kaur Utara, Selasa (22/9).

Pemerintah pusat, memangkas hampir semua program pembangunan fisik. Jika saja, ancaman Covid-19 tetap berlanjut pada tahun 2021, maka dapat dipastikan pembangunan fisik terus berkurang. Selebihnya fokus pada pemulihan ekonomi dan Bantuan Sosial (Bansos). Hal ini tentu berdampak pada anggaran desa, karena itu akan sulit untuk melakukan perubahan signifikan pada pembangunan fisik, ucapnya. Masih kata dia, Cakades incumbent dan penantang akan bertarung pada strategi program yang mengarah pada Bansos ataupun penanganan sosial lainnya. Incumbent diuntung dengan pengalaman, akan tetapi Cakades penantang pun tidak akan mau kalah, tentu akan banyak belajar dari sekarang.

“Misi Cakades semuanya bisa dikatakan sama. Memiliki tujuan membangun dan menjalankan rda pemerintahan yang lebih baik lagi. Tinggal lagi, faktor nasib yang akan menentukan siapa yang bakal terpilih,” ungkapnya.(xst)

 

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here