Beranda Bengkulu Selatan Bupati Ingatkan Masyarakat Akan Potensi Bencana Alam

Bupati Ingatkan Masyarakat Akan Potensi Bencana Alam

50
0

BENGKULU SELATAN (BS) – Bupati BS, Gusnan Mulyadi, SE.MM dan Wakil Bupati BS, Rifa’i Tajuddin, S.Sos meninjauan irigasi di Kecamatan Air Nipis Kabupaten BS. Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati BS meminta kepada masyarakat Kabupaten BS yang berada di lingkungan irigasi Air Nipis. Pasalnya, beberapa hari terakhir ini curah hujan sangat tinggi sehingga dikhawatirkan terjadi banjir bandang. Oleh sebab itulah masyarakat harus kenali lingkungan supaya bisa tahu akan potensi bencana alam bakal terjadi.

“Kenali tanda-tanda bila akan terjadi longsor seperti, retakan tanah, amblesan tanah, keluarnya mata air pada lereng, air sumur dan mata air tiba-tiba keruh, pohon dan tiang listrik miring, tembok bangunan dan pondasi tiba-tiba retak dan lainnya. Periksa adannya retakan tanah di bukit yang merupakan cikal bakal dari mahkota longsor. Saat hujan lebat waspadalah. Jika perlu mengungsi sesaat ke tempat yang lebih aman,” pesannya.

Dikatakannya, beberapa kecamatan yang masuk area rawan bencana di BS ada empat yakni, Kecamatan Pasar Manna, Ulu Manna, Pino dan Kecamatan Pino Raya. Bagi warga yang berada di lokasi tersebut diharapkan untuk berhati-hati karena, bencana alam bisa datang kapan saja.

“Waspada akan kondisi alam itu lebih baik. Sebab tidak ada kekuatan yang dibuat manusia bisa menahan kekuatan alam. Terjadinya kerusakan alam menimbulkan potensi terjadinya bencana alam. Karena itulah mari kita bersama menjaga alam supaya terus baik,” ujar Bupati BS. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here