Beranda Berita Utama Bunga Rafflesia Mekar Lagi di Kaur

Bunga Rafflesia Mekar Lagi di Kaur

251
0
IST/RKa
MEKAR: Bunga Rafflesia kembali mekar di Desa Manau IX.2 Kecamatan Pagulu, Selasa (22/12).

PADANG GUCI HULU – Lagi, satu bongkol bunga Rafflesia mekar dihutan tropis Desa Manau IX.2 Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu). Bunga yang dikenal mendunia ini mekar pada Senin (21/12) dengan enam kelopak. Rafflesia Arnoldi ini diprediksi mekar sempurna tiga hari ke depan. Dengan mekarnya bunga ini menjadi perhatian masyarakat sekitar. Kelompok pencinta puspa langka yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Pagulu menjaga dengan baik keberadaan bunga yang menjadi icon Provinsi Bengkulu ini. Masyarakat yang ingin melihat langsung dari dekat bunga Rafflesia dapat menghubungi atau meminta bantuan pemuda setempat sebagai pemandu jalan.

Pjs Kades Manau IX.2, Rahmat mengatakan, bunga Rafflesia mekar di kawasan hutan tropis ini untuk yang sekian kalinya. Sudah banyak pengunjung dari berbagai daerah bahkan mancanegara untuk melihat langsung bunga Rafflesia Arnoldi mekar. Untuk mencapai lokasi bunga ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua kemudian, melanjutkan jalan kaki. Hanya membutuhkan waktu 30 menit berjalan, pengunjung sudah tiba di lokasi bunga Rafflesia.

“Baru satu yang mekar, ada satu bongkol lagi yang menunggu waktu menyusul mekar. Dengan mekarnya bunga ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Kecamatan Pagulu dan Kabupaten Kaur pada umumnya,” ujar Rahmat, Selasa (22/12).

Dikatakan Rahmat, lokasi bongkol bunga Rafflesia ini menjadi perhatian anak muda yang tergabung dalam Pokdarwis. Menjaga dan melestarikan hutan agar tetap menjadi idola bongkol Rafflesia bertahan dan mekar kembali dimasa mendatang. Harapan bersama, hutan tropis ini tetap terpelihara dengan baik, tidak dirusak demi mempertahankan habitat langka yang mendunia. Kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Manau IX.2 yang memiliki hutan tropis dimana bunga Rafflesia tetap bertahan dan mekar.

“Pelestarian hutan terus dilakukan agar bunga Rafflesia tetap tumbuh dan mekar sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu dimasa mendatang,” demikian Rahmat.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here