Beranda Berita Utama BUMDes Timba Segera Kelola Pantai Wayhawang

BUMDes Timba Segera Kelola Pantai Wayhawang

98
0
DEDI JULIZAR/RKa
BUMDES: BUMDes Timba Segera akan mengelola Objek Wisata Pantai Wayhawang Kecamatan Maje. Tampak kondisi Pantai Wayhawang yang mulai dibenahi, Selasa (24/8).

RKa ONLINE, MAJE – Pantai Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur sempat menjadi primadona dan destinasi wisatawan pada medio 1990-an hingga awal tahun 2000. Namun seiring waktu, kondisi pantai yang tidak terawat serta tanpa pengelolaan membuatnya ditinggal para penikmat objek pantai.

Untuk membangkitkan kembali salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kaur itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Wayhawang membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes ini diberi nama Timba Segera. Saat badan hukum untuk BUMDes sedang dalam proses pembuatan. BUMDes ini akan menjadi pengelola Pantai Wayhawang, yakni dengan meningkatkan mutunya sebagai salah satu objek wisata andalan. Hal ini dibenarkan oleh Kades Wayhawang Ahmad Marzuki, M.TPd pada Radar Kaur (RKa), Selasa (24/8).

“Bahkan kedepannya BUMDes ini juga kami proyeksikan untuk mengelola pasar mingguan kecamatan. Karena kami menargetkan ada pasar yang akan dibangun di area Pantai Wayhawang ini,” terang Ahmad Marzuki.

Ia menerangkan susunan pengurus BUMDEs telah terpilih dan ditetapkan. Sebagai Direktur BUMDes Apen Syahyar,ST, Sekretaris Deni Kurniawan, S.Kom dan Bendahara Jobi Hendrik, S.Hut dan struktur pengurusan lainnya.

Ahmad Marzuki menambahkan saat ini memang belum ada dana untuk kegiatan BUMDes. Karena tidak ada dianggarkan dalam Dana Desa (DD) 2021 ini. Tapi walau belum ada dana, pengurus BUMDes tetap semangat. Buktinya, mereka telah membuat kegiatan untuk penataan di Pantai Wayhawang. Telah memasang patok di sepanjang pantai dan membuat nama walau sederhana.

“Saya sampaikan kepada rekan – rekan yang dipilih warga sebagai pengurus BUMDes. Bahwa untuk 2021 ini tidak ada dana. Tapi jika ingin melakukan perbaikan tanpa pamrih mari bersama – sama. Sesuai dengan kemampuan yang bisa dilakukan. Baru tahun depan (2022) dianggarkan penyertaan modal BUMdes,” jelas Ahmad Marzuki. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here