Beranda Lintas Kecamatan BUMDes Solusi Bangun Ekonomi Desa

BUMDes Solusi Bangun Ekonomi Desa

69
0

NASAL – Menghadapi kondisi ekonomi diberbagai desa Kecamatan Nasal yang sedang melemah. Semestinya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi solusi untuk penggiat ekonomi masyarakat. Dengan cara menghidupan berbagai pergerakan ekonomi di desa dengan melalui BUMDes. Baik itu di bidang usaha industri kreatif maupun hasil usaha masyarakat bidang perkebunan. Sehingga pengumpul atau tengkulak tidak bisa membeli langsung dengan warga desa bersangkutan.

“Memang salah satu strategi yang harus dilakukan pemerintahan desa untuk mendorong ekonomi warga. Harus menggerakan BUMDes yang telah dibentuk. Sebagai contoh, jika di desa ada petani karet. Maka BUMDes yang membelinya selanjutnya bisa menjual ke pabrik langsung,” ujar Camat Nasal Sirajudin Aksah, M.TPd.

Sayangnya, lanjut dia, walau di wilayah Nasal sudah banyak BUMDes berdiri. Hanya saja usaha yang dilakukan melalui BUMDes tentang sumber yang diharapkan warganya tidak ada. Maka terjadi BUMDes banyak mati suri. Ada namanya tapi pergerakan untuk kegiatan ekonomi tidak terbukti bisa membantu masyarakat.

“Saya berharap untuk menyikapi masalah ekonomi akibat virus corona ini. Maka keberdaaan BUMDes harus dijadikan wadah untuk perbaikan kondisi ekonomi warga di setiap desa. Tujuannya, jika kondisi ekonomi tetap belum stabil di tahun depan. Tapi kondisi kehidupan masyarakat tetap dalam kondisi baik,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here