Beranda Berita Utama BUMDes Perbengkelan Menjanjikan

BUMDes Perbengkelan Menjanjikan

292
0
IST/RKa
MENJANJIKAN: Bila direalisasikan, bengkel sepeda motor merupakan salah satu bentuk BUMDes yang cukup menjanjikan, Senin (17/5).

RADARKAUR.ID – Camat Semidang Gumay, Hazairin, S.Pd mengatakan, mayoritas warga memiliki sepeda motor di rumahnya. Hal itu merupakan sebuah peluang bagi sebuah desa untuk mengembang jenis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) perbengkelan. Yakni dengan membuka servis sepeda motor, disertai jual beli spare part. Lewat hal tersebut, menurutnya, juga dapat membantu warga desa, yang selama ini kesulitan mencari kerja, dan merupakan salah satu tujuan dibentuknya BUMDes.

“Kita lihat di jalan raya, kendaraan didominasi oleh sepeda motor. Sekarang ini, sepeda motor hampir dimiliki oleh semua keluarga, Bahkan ada yang sampai lebih dari dua. Ini cukup menjanjikan untuk bentuk BUMDes,” ungkap Hazairin, Senin (17/5).

“Untuk pertama kali tak usah langsung bongkar pasang mesin. Cukup yang ringan-ringan dulu misalnya ganti oli atau tambal ban. Seiring berjalannya waktu pasti akan ada peningkatan. Asal dikelola maksimal,” sambung camat.

Bila dikelola secara maksimal, lanjutnya, dia yakin bila usaha jenis ini dapat membawa manfaat bagi desa. Selain sebagai pendapatan bagi desa, adanya bengkel desa akan membantu pemuda lulus SMK, dalam mencari pekerjaan dan menerapkan ilmu yang ia pelajari, dengan sebab sulitnya lapangan kerja.

“Banyak tamatan SMK jurusan otomotif tapi usahanya jadi petani. Dengan adanya BUMDes, mereka bisa bekerja sesuai dengan apa yang mereka pelajari di sekolah,” tutup camat.

Namun sayang, menurutnya keinginan untuk mengembangkan BUMDes belum dimiliki oleh rata-rata kepala desa (kades). Khususnya di Kecamatan Semidang Gumay.(yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here