Beranda Berita Utama BPDAS-HL Salurkan 500 Ribu Bibit 

BPDAS-HL Salurkan 500 Ribu Bibit 

82
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Irjen Kehutanan Pusat melalui Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Bengkulu di Pondok Pusaka Kabupaten Kaur mulai menyalurkan bibit hasil persemaian kepada petani. Ada 500 ribu bibit yang sudah disiapkan sejak Januari 2021, 20 persen diantaranya sudah didistribusikan.

Pelaksana Teknis Penanggung Jawab Persemaian Permanen, Burzian kepada RKa ONLINE, Selasa (6/7) mengatakan bahwa sebelum melakukan produksi pembibitan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu ke masyarakat melalui pemerintahan desa. Agar nantinya bibit sesuai dengan apa yang menjadi keperluan petani.

“Untuk saat ini jenis bibit yang ada di Persemaian Permanen Pondok Pusaka ada 25 jenis bibit. Diantaranya bibit Pinang, durian, alpukat dan sebagainya,” jelas Burzian.

Dalam kegiatannya, tahap produksi bibit selama 3 bulan, baru akan di distribusikan ke masyarakat secara bertahap. Dengan persyaratan KTP, Sketsa Lokasi Tanam dan nomor ponsel.

Dalam pengambilan bibit satu orang satu KTP akan mendapatkan 1 hektar jenis tanaman apapun. Sehingga pendistribusian kemasyarakat harus merata dalam pengambilannya dan juga pakai nomor urut antrian menunggu panggilan dari BPDAS-HL Kaur.

“Ketika persyaratan sudah lengkap di masukan ke balai pembibitan maka tidak perlu khawatir tidak dihubungi kembali. Sedangkan yang belum lengkap akan dikonfirmasi kembali untuk dapat melengkapi syarat yang kurang. Di sini tidak ada pilih- pilih yang akan menerima bibit semua sama dan akan mendapatkan bibit selama stok bibit tersedia di pembibitan,” tambahnya.(cw3)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here