Beranda Lintas Kecamatan BLT-DD untuk 42 KPM, Rehab Jembatan Gantung

BLT-DD untuk 42 KPM, Rehab Jembatan Gantung

70
0

Desa Serdang Indah
LUAS – Selain disalurkan sebagai Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) untuk 42 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebesar Rp 300 ribu perbulan. DD tahun 2021 di Desa Serdang Indah Kecamatan Luas, ditujukan untuk merenovasi jembatan penghubung desa. Dimana perehaban jembatan gantung yang melintasi aliran sungai Luas tersebut, perlu dilakukan lantaran kondisi kian memprihatinkan, serta mengancam keselamatan pengguna.

Penyaluran BLT-DD tahap 1 bulan Januari, kepada 44 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), telah dilkukan pada hari Jumat (19/3), di balai desa setempat. Karena tak datang saat penyerahan, ada tiga KPM yang belum menerima dan akan diserahkan ke rumah masing-masing.

“Alhamdulillah pembagian BLT-DD senilai Rp 300 ribu perbulan, untuk tahap pertama bulan Januari berjalan lancar. Karena tidak bisa diwakilkan, ada beberapa orang yang belum disalurkan. Tetap bisa diambil kok oleh yang bersangkutan,” ujar Kades, Arozianto pada RKa.

Terkait pembangunan fisik, perehaban jembatan gantung. Meski tak masuk dalam program prioritas dana desa, renovasi dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat, yang disampaikan melalui musyawarah desa. Salah satu kondisi fisik jembatan gantung, dengan panjang kurang lebih 100 meter dan lebar 1,5 meter itu, rusak pada bagian lantai berbahan papan kayu. Dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dari permukaan sungai dengan batu-batu cadasnya.

“Kami sudah melakukan koordinasi pada beberapa pihak untuk mendapat izin rehab menggunakan DD. Surat rekomendasinya juga telah ada, salah satunya dari Bupati Kaur. Sebagai titik vital desa kami, jembatan ini perlu segera direnovasi,” jelas Kades.

Selain penambahan kawat sling utama, sling bagian bawah, dan sling angin di kedua sisi jembatan gantung. Juga dilakukan pelebaran dari 150 cm menjadi 180 cm. Lalu, semua lantai papan jembatan akan diganti dengan bahan sejenis, namun dengan ketebalan yang lebih.

“Pasti sudah melihat kondisi jembatan dalam perjalanan menuju desa kami barusan. Karenanya butuh segera direnovasi,” tutup Kades. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here