Beranda Lintas Kecamatan BLT DD Diharap Bantu Warga Terdampak Covid-19

BLT DD Diharap Bantu Warga Terdampak Covid-19

218
0


SEMIDANG GUMAY – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Bunga Melur Kecamatan Semidang Gumay mulai disalurkan kepada 104 Kepala Keluarga (KK). Penyaluran bantuan berupa uang tunai Rp 300 ribu tahap pertama ini berjalan lancar, Jumat (12/3) pukul 09.30 WIB dihadiri Camat Semidang Gumay, Hazairin,S.Pd, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Lokal Desa. Turur hadir juga tim relawan Covid-19 dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Bunga Melur, Tarwansyah,S.Sos mengatakan, pencairan BLT DD tahap I ini diberikan berdasarkan hasil musyawarah bersama. Nama-nama penerima ditetapkan oleh tim relawan dan disahkan oleh BPD dan Kades. Dengan bantuan ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat akibat dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan Covid-19. Fokus pemerintah desa saat ini penyaluran bantuan tunai dan penanganan pencegahan Covid-19.

“Pencairan tahap I sudah dilakukan, semua warga yang terdaftar dalam penerima bantuan sudah menerima dengan jumlah yang pas. Tanpa ada pengurangan apapun,” tegas Kades.

Pada kesempatan sama, Camat Hazairin menyampaikan apresiasi atas kinerja pemerintahan desa. Camat juga menjelaskan bahwa sesuai aturan bahwa BLT-DD yang akan didapat sebesar Rp 300 ribu per bulan, namun akan diterima selama 12 bulan. Untuk penyaluran perdana ini adalah jatah untuk bulan Januari 2021. Dan tidak menutup kemungkian, jatah bulan berikutnya akan segera menyusul.

“Jadi bapak ibu, meski secara nominal memang lebih kecil dari dulu yakni Rp 300 ribu per bulan, kalau tahun lalu kan ada yang Rp 600 ribu. Namun kalau dijumlahkan lebih besar, karena yang diberikan nanti selama 12,” terangnya.

Camat juga mengimbau supaya BLT-DD dimanfaatkan sebaik-baiknya, tidak dihambur-hamburkan. Karena dalam kondisi masih dilanda pandemi Covid-19, harus bisa berhemat.(sst)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here