Beranda Berita Utama Yang Ter Berpotensi Kena Penyakit Jantung Koroner

Berpotensi Kena Penyakit Jantung Koroner

71
0

UMUM manusia di muka Bumi ini, salah satunya ditentukan oleh bagaimana ia menjalani hidup ini kesehariannya.
Kesehatan seseorang yang dipengaruhi oleh gaya hidup, apa yang ia makan, apa yang ia kerjakan kesehariannya, adalah faktor utama  yang mendukung seberapa lama ia akan hidup.

Dari situ diketahui bahwa, setidaknya ada beberapa penyakit yang paling umum diidap manusia, terkait dengan mortalitas mereka.
Dan dari situ pula diketahui bahwa ada sepuluh penyakit paling umum, yang bertanggungjawab atas tingginya angka kematian di seluruh dunia.
Berikut ini 10 daftar penyakit paling mematikan, di luar COVID-19, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO):
1. Penyakit jantung koroner
2. Stroke
3. Infeksi pernapasan
4. Penyakit paru-paru kronis
5. Kanker trakea, laring, bronkus, dan paru-paru.
6. Diabetes melitus
7. Alzheimer
8. Dehidrasi akibat diare
9. TBC
10. Sirosis

Dari daftar 10 penyakit paling mematikan versi badan kesehatan dunia (WHO), penyakit jantung koroner (PJK) mengisi posisi teratasnya.
Juga disebut dengan nama penyakit jantung iskemik, PJK terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan.
PJK yang dibiarkan tanpa perawatan dapat berujung panjang. Sebut saja nyeri dada, aritmia hingga gagal jantung adalah beberapa yang disebabkannya.

Kendati menjadi penyebab kematian tertinggi, mortalitas akibat PJK dilaporkan mengalami penurunan, khususnya di beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat.
Berkat edukasi publik yang jauh leih baik, juga akses akan layanan kesehatan yang jauh lebih mumpuni, selain upaya pencegahan yang lebih terarah, adalah alasan di balik penurunan yang dimaksud.

Perlu disadari, mereka dengan kondisi kesehatan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, perokok, punya histori dalam keluarga, juga penderiat diabetes, adalah mereka yang paling berpotensi terkena PJK di kemudian hari.

Untungnya kondisi ini bisa dicegah. Dan menurut ahli, sebagaimana dilansir Healthline, adalah yang paling efektif untuk dilakukan:
• Olahraga rutin
• Menjaga berat badan yang sehat
• Mengkonsumsi makanan rendah garam dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-mayur
• Hindari rokok
• Minum secukupnya
(ruf/fin)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here