Beranda Pendidikan Berlajar Sambil Bermain, RA Nurul Haq Ke Pantai Air Langkap

Berlajar Sambil Bermain, RA Nurul Haq Ke Pantai Air Langkap

101
0
IST/RKa
BELAJAR: Murid RA Nurul Haq yayasan Al-Fajr belajar sambil bermain di Pantai Air Langkap, Sabtu (18/10).

KAUR TENGAH – Yayasan Al-Fajr Kabupaten Kaur terapkan pola belajar sambil bermain bagi peserta didik tingkat Raudhatul Athfal (RA). Sabtu (17/10), RA Nurul Haq Kecamatan Kaur Tengah kunjungi pantai Air Langkap Desa Pajar Bulan. Sesuai dengan tema pembelajaran sekolah, ‘Menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi’.

Kegiatan di awali dengan shalat Sunnah Dhuha berjamaah, dilanjutkan olahraga serta bermain game. Kemudian masuk dalam materi Kegiatan Puncak Tema (KPT). Anak-anak memwa bekal sendiri dari rumah masing-masing, berupa makanan, susu, jus dan buah. Usai kegiatan materi KPT dan menyelesaikan game yang diberikan guru, anak-anak beristirahat sembari makan bersama. Adapun kegiatan game yang dilaksanakan berupa, meniup bola pada cup berisi air, memindahkan air dalam cup dan membuat istina pasir.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar anak, percaya diri, kerjasama tim dan budaya hidup sehat. Dalam KPT itu misalnya, murid sedang pembelajaran tentang hewan. Untuk kegiatan puncaknya murid diajak ke peternakan,” ungkap Kepsek, Ummu Aimana, M.TPd kepada Radar Kaur (RKa).

Kepsek mengatakan, dengan pola belajar ini maka keinginan mengasah otak menjadi tumbuh lebih cerdas dapat tercapai dengan baik. Ada efek positif bagi anak yang masih sagat polos untuk lebih mengenal lingkungan alam sekitar khususnya sesuai materi pelajaran yang diberikan.

“Tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar pelajar sejak dini merasa bersyukur atas keindahan alam yang ada di desanya. Kemudian tumbuh rasa tanggungjawab untuk menjaga dan merawatnya,” tutup Kepsek.(yie/krn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here