Beranda Lintas Kecamatan Berdayakan BUMDes Ciptakan Lapangan Kerja

Berdayakan BUMDes Ciptakan Lapangan Kerja

70
0

TANJUNG KEMUNING – Pemerintah desa diingatkan agar mampu menciptakan terobosan baru guna membuka lapangan kerja bagi warganya. Salah satu sasaran tepat adalah dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik atau infrastruktur semata. Namun, bisa lebih maju dan memiliki konsep masa depan yang lebih baik. pengembangan usaha BUMDes dinilai mampu membuka ruang lapangan kerja baru bagi warga. BUMDes yang maju, akan mengurangi angka kemiskinan dan pemuda merantau keluar kota.

“Ciptakan pola fikir panjang yang membuka cakrawala dunia. Usaha kreatif BUMDes mampu menjadi solusi lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Kapolsek Tanjung Kemuning Polres Kaur Polda Bengkulu, Iptu Rabnus Supandri, S. Sos, kemarin (29/7) dihadapan para Kades.

Menurutnya, belum terlihat desa yang sudah memiliki penghasilan dari usaha BUMDes. Bahkan, masih ada desa yang belum membentuk BUMDes. Untuk itu, ke depan hendaknya dapat mengutamakan BUMDes. Dengan demikian, akan memberi dampak positif pada penghasilan masyarakat. Jika terbuka lapangan kerja, maka akan mendukung program keamanan dan ketertiban masyarakat. Angka kriminalitas atau aksi kenakalan remaja dapat ditekan. Karena semua terberdayakan untuk mengembangkan usaha yang bertujuan meningkatkan penghasilan keluarga. Kejahatan juga kerap kali dipicu oleh alasan klasik yakni himpitan ekonomi. Karenanya, dengan adanya lapangan kerja akan sangat berpengaruh pada aksi kejahatan.

“BUMDes bisa menjadi solusi dalam mengurangi tindak pidana kejahatan seperti pencurian. Sebab, masyarakat memiliki penghasilan tetap dari bekerja di BUMDes,” demikian Kapolsek.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here