Beranda Politik dan Hukum Berani Berpolitik Praktis, Polisi Siap Dipecat

Berani Berpolitik Praktis, Polisi Siap Dipecat

85
0

TANJUNG KEMUNING – Kapolres Kaur Polda Bengkulu, AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH menegaskan kepada personilnya tidak mencoba terlibat dalam praktek politik praktis. Bagi anggota Polri yang berani bermain politik maka siap-siap menerima sanksi tegas berupa pemecatan tanpa hormat. Pernyataan sikap Polri ini dituangkan dalam pakta integritas yang ditandatangani personel kepolisian. Penegasan Kapolres Kaur ini disampaikan dalam kegiatan kunjungan kerjanya di Mapolsek Tanjung Kemuning, Selasa (17/11) pukul 11.00 WIB. Dalam kegiatannya, Kapolres didampingi Wakapolres, Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasium Polres dan Kasi Propam.

Kapolres Kaur member arahan kepada anggotanya di Polsek untuk benar-benar menjaga netralitas. Tidak terlibat dalam urusan politik, mengajak maupun ikut mempengaruhi masyarakat untuk memilih salah satu calon bupati maupun calon gubernur. Polri bertugas mengamankan jalannya proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tidak boleh ikut-ikutan dalam politik, sanksi tegas berupa pemecatan dari keanggotaan kepolisian menanti bagi personil yang berpolitik. Siapapun bupati atau gubernur terpilih maka dialah yang akan menjadi mitra dalam daerah.

“Tidak ada yang boleh melibatkan diri dalam politik, kepolisian netral dan bertugas mengamankan jalannya proses Pilkada. Yang terlibat maka resiko dan konsekuensi harus ditanggung sendiri,” tegas Kapolres Kaur.

Sementara itu, Kapolsek Tanjung Kemuning, Iptu Rabnus Supandri, S. Sos mengatakan, kunjungan kerja Kapolres ini dalam rangka memantapkan netralitas Polri dalam Pilkada. Dipenghujung kegiatan, seluruh jajaran Polsek mengucapkan pakta integritas dan ditandatangani bersama. Kemudian, dibawa ke Mapolres Kaur sebagai bukti janji personil kepolisian. Penegasan tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat desa binaan. Bhabinkamtibmas merupakan pengawasan melekat di desa binaan. Semua yang terjadi wajib diketahui dan dilaporkan guna diambil langkah pencegahan daan penanganan.

“Semua personil Polsek Tanjung Kemuning membacakan pakta integritas dan menandatanganinya bersama. Sebagai bukti janji netralitas Polri dalam Pilkada serentak 2020,” ujar Kapolsek.(xst)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here