Beranda Berita Utama Beli Kulkas, Temukan Duit Rp1 Miliar

Beli Kulkas, Temukan Duit Rp1 Miliar

24
0

RKa ONLINE – IBARAT mendapat durian runtuh, seorang pria di Korea Selatan ini hoki banget. Dia mendapatkan bonus yang tidak main-main ketika membeli kulkas bekas untuk kimchi.

Dikutip dari Asia One, Selasa 17 Agustus 2021, pria yang tak disebutkan namanya itu menemukan uang tunai senilai 110 juta won (Rp1,35 miliar). Uang tunai ini tersembunyi di dalam kulkas bekas kimchi yang dibelinya melalui online, seperti yang diberitakan MBC News.

Penemuan ini berlangsung pada 9 Agustus 2021. Saat itu, sang pria sedang membersihkan kulkas kimchi.

Biasanya ada orang yang sengaja menyimpan uang yang ditemukan secara tiba-tiba. Tapi, pria itu tidak.

Lapor Polisi
Alih-alih menyimpan uang, pria itu justru melaporkan kepada polisi. Polisi setempat juga terheran-heran dengan penemuan ini.

“Itu uang yang sangat banyak. Ini aneh karena kami jarang menerima kasus ini,” kata petugas polisi kepada MBC News.
Kini, kasus itu sedang diinvestigasi. Polisi masih mencari siapa yang menjual barang itu dan yang mengangkut barang tersebut.

Bukan Kejadian Pertama
Rupanya, penemuan uang di kulkas kimchi bukanlah yang pertama. Pada 2015, beberapa warga Korea Selatan mulai menyimpan uang tunai di kulkas kimchi untuk menghindari rendahnya bunga bank kala itu.

Jika kulkas dipenuh dengan uang kertas senilai 50 ribu won (Rp615.080), nilainya bisa lebih dari 1 miliar won (Rp12,3 miliar).

Berdasarkan ketentuan hukum di sana, kalau polisi gagal menemukan si pemilik barang hilang dalam waktu enam bulan, uang tunai ini akan menjadi milik penemu. Tentu saja dia harus membayar pajak senilai 22 persen.

Kalau pemiliknya sudah ditemukan, sang penemu akan mendapatkan kompensasi senilai 5-20 persen dari uang yang ditemukan. Tapi, kalau uang itu berasosiasi dengan kriminal, tentu uang itu akan disita untuk negara.(**)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here