Beranda Berita Utama Bawa Kabinet Baru, Kades “Serbu” DPMD

Bawa Kabinet Baru, Kades “Serbu” DPMD

464
0

RADARKAUR.ID – Puluhan Kepala Desa (Kades) yang dilantik bulan yang lalu “serbu” Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur, Senin (26/4). Hampir semua kades membawa misi sama, yakni menyampaikan “susunan kabinet” untuk menggantikan perangkat desa yang sudah merasa nyaman bercokol di masing-masing desa.

“Kedatangan para kepala desa ke DPMD menyampaikan berkas pergantian perangkat desa. Mayoritas beralasan dikarenakan perangkat desa lama tidak sejalan dengan mereka,” kata Plt Kadis PMD Adhar Cilas, M.SI.

Dikatakan Adhar, bagi desa yang ingin mengganti perangkat desa itu sah-sah saja tetapi harus mengikuti aturan yang ada. Selain itu juga pergantian perangkat desa seharusnya cukup melalui pihak kecamatan dalam hal ini camat masing-masing desa. Tetapi sangat disayangkan, lanjut Adhar, dari pengakuan Kades pihak kecamatan tidak merespon apa yang menjadi usulan mereka sehingga mereka langsung ke DPMD.

Lanjut Adhar, dengan begitu maka untuk usulan saat ini telah diterima DPMD dan untuk pembuatan SK pergantian perangkat desa yang baru setelah prosedur yang ada dan aturan yang ada sehingga tidak ada kesalahan dikemudian hari.

Sementara perwakilan Kepala Desa, Iksan Suandi yang juga Kades Sekunyit mengatakan sesuai dengan undang-undang perangkat desa diangkat dan diberhentikan oleh kepala desa. Dengan begitu maka diyakini pergantian yang ada sudah sesuai dengan aturan dan apabila ada kesalahan maka Kades akan bertanggung jawab sepenuhnya.

Dari pantauan Radar kaur, hampir seluruh desa yang kadesnya dilantik beberapa waktu yang lalu melakukan pengusulan pergantian perangkat desa. Semua perangkat desa yang diganti, mulai dari Sekdes, Kaur dan Kasi. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here