Beranda Bengkulu Selatan Bantuan UMKM Berlanjut

Bantuan UMKM Berlanjut

71
0

BENGKULU SELATAN (BS) – Kepala Dinas Perindagkop Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Perindagkop dan UMKM) Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya mengatakan tahun ini Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dipastikan berlanjut. Bagi masyarakat Kabupaten BS yang hendak mendapatkan modal diharapkan untuk mendapat mengusulkan.

“Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bersama kementerian terkait soal kelanjutan program bantuan UMKM, dan dipastikan dilanjutkan tahun ini. Mungkin dalam minggu ini segera dibuka penerimaan usulan,” ungkap Kepala Dinas Perindagkop – UMKM BS, Herman Sunarya.

Lanjutnya, untuk mendapatkan bantuan tersebut, sama dengan tahun sebelumnya. Calon penerima wajib memiliki usaha berbasis UMKM dengan melampirkan surat keterangan usaha dari desa atau lurah, KTP dan nomor telepon. Sedangkan ASN, TNI/Polri dan Pegawai BUMN/BUMD tidak boleh mengusulkan dan menerima bantuan modal UMKM.

“Hanya saja bantuan bergulir nantinya sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi penerima bantuan modal UMKM tahun ini berbasis NIK. Jadi satu keluarga hanya bisa satu orang yang dapat. Sistem yang memverifikasi,” ucapnya.

Adapun besaran modal yang akan diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM menurun dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini sebesar Rp 1,5 juta sedangkan tahun sebelumnya Rp 2,4 juta. Meskipun demikian, masyarakat dapat terbantukan dengan adanya bantuan ini.

“Penurunan jumlah tersebut karena alokasi anggaran dari pemerintah pusat berkurang dari tahun sebelumnya. Program ini adalah untuk membantu pelaku UMKM dalam meghidupkan usaha agar tetap bisa bertahan di masa pandemi Covid-19,” tandasnya.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here