Beranda Politik dan Hukum Balon Kades “Impor”

Balon Kades “Impor”

297
0

RKa ONLINE, KAUR TENGAH – Pembicaraan seputar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kian menjadi perbincangan hangat masyarakat. Khususnya di desa penyelenggara Pilkades. Tak hanya diikuti oleh warga desa penyelenggara Pilkades, dikabarkan pesta demokrasi di tanggal 9 Desember mendatang, bakal diramaikan oleh calon (balon) Kepala Desa (Kades) yang berasal dari luar desa. Seperti santer terdengar di Desa Kemang Manis Kecamatan Kaur Tengah dan Desa Padang Jati Kecamatan Luas.
Pembentukan Panitia pelaksanaan (Pilkades) tingkat desa di Kecamatan Kaur Tengah, Luas, Muara Sahung, dan Semidang Gumay telah terbentuk. Ada 12 desa dari empat kecamatan tersebut melangsungkan pemilihan pimpinan desa.

“Kabarnya ada warga yang berdomisili di Kota Bengkulu yang memang keturunan asli Desa Padang hangat ikut serta dalam Pilkades. Namun, pada hari pertama ini (Senin, 13/9) keterangan dari rekan BPD yang tergabung dalam panitia Pilkades, yang bersangkutan belum memasukkan pendaftaran sebagai balon Kades,” ujar Ketua BPD Kemang Manis Roni Afrizal.

Di Kecamatan Luas, ada tiga desa yang melangsungkan Pilkades pada hari ke-9 dalam bulan ke-12 dalam kalender Masehi nanti, yakni Desa Padang Jati, Ganda Suli, dan Kepahyang.

Tokoh pemuda Desa Ganda Suli, Fauzi (37) mengatakan, dengan alasan banyak keluarga yang berdomisili di Desa Padang Jati, meski desanya juga melangsungkan Pilkades, salah seorang warganya merencanakan untuk maju sebagai penantang, dalam Pilkades di desa tetangganya tersebut. Sedang untuk pendaftaran balon kades, pada hari pertama dibukanya pendaftaran belum ada pendaftaran peserta.

“Telah sejak jauh hari yang bersangkutan berniat mencalonkan diri sebagai Kades. Keluarga nya memang banyak berdomisili di Desa Padang Jati, mungkin karena hal tersebut ia maju sebagai penantang di desa sebelah. Kalau untuk pendaftaran kades di desa kami, info dari rekan BPD yang tergabung dalam panitia, baru ada satu orang sedang melengkapi berkas persyaratan,” ujar Fauzi yang juga menjabat Kaur Keuangan Desa Ganda Suli.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here