Beranda Berita Utama Awas!! DBD Menyerang

Awas!! DBD Menyerang

278
0
HERPIN/RKa
FOGGING : Perangkat Desa Sukarami I Kecamatan Kelam Tengah saat fogging nyamuk di rumah warga terjangkit DBD, Senin (9/8).

RKa ONLINE, KELAM TENGAH – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi di kala musim hujan akibat gigitan Nyamuk Aedes Aegypti. Di Desa Sukarami I Kecamatan Kelam Tengah, dua warga disuga terjangkit DBD. Pemerintah desa telah melakukan fogging atau pengasapan sebagai antisipasi agar tidak menyebar.

Kades Sukarami I Sirhan mengatakan fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu NYAMUK AEDES AEGYPTI. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.

“Ada dua orang yang diduga terjangkit DBP, dan sudah dikoordinasikan dengan Puskesmas Kelam Tengah. Sehingga dilakukan fogging nyamuk untuk mengantisipasi Nyamuk Aedes Aegypti,” kata Sirhan.

Lanjutnya, petunjuk dari Puskesmas Kelam Tengah agar aman, sebaiknya kegiatan ini dilakukan saat nyamuk Aedes Aegypti beraktivitas, yaitu sekitar pukul 08.00-11.00 WIB dan pukul 14.00 – 17.00 WIB. Fogging dilakukan mencakup area dalam radius 200 meter dari lokasi yang terindikasi terdapat wabah.

“Paling tidak usaha Pemdes Sukarami I dalam mengatasi penyebaran DBD didesa ini ada. Tinggal lagi warga desa untuk membiasakan hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian lingkungan perumahan untuk tidak ada air yang mengenang. Karena pengasapan itu hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik nyamuk bisa dibasmi dengan membersihkan lingkungan dan tidak ada genangan air,” ujarnya.

Sambung Sirhan, menghentikan perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah adalah tanggung jawab bersama. Meskipun pemerintah telah mengupayakan pencegahannya dengan fogging, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan apa-apa.(pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here