Beranda Bengkulu Selatan Angka Stunting di BS 2,7 Persen

Angka Stunting di BS 2,7 Persen

17
0

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menarget angka stunting 0,3 persen pada tahun 2030. Saat ini Sebab saat ini angka stunting di Kabupaten BS mencapai 2,7 persen. Untuk menurunkan angka stunting pihaknya bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dengan menerapkan program Gemar Menanam Sayur dan Buah di Perkarangan (Gentayangan). Kemudian dengan Dinas Perikanan ada program Selalau Makan Ikan (Selukan). Program ini digadang-gadang mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten BS yang tingkat penyebarannya masih tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan, Siswanto,S.Sos.M.Si melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Usman Ashari,M.Kes mengatakan program yang digagas oleh masing-masing OPD dapat membantu penurunan angka stunting di BS.

“Mengapa kami harus menggandeng seluruh OPD karena mereka mempunyai program yang efeknya bisa menekan angka stunting,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bappeda Litbang BS, Sukarni Dunip,M.Si mengatakan, untuk mewujudkan target bebas stunting di Kabupaten BS. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan yakni, mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, sejahtrera dan berdaya saing. Kemudian memperkuat infrastruktur berkeadlian berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,membangun kemandirian ekonomi yang berkualitas dan bersaing, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik bersih serta pelayanan publik yang berkualitas. Langkah ini menurutnya merupakan langkah yang efektif dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten BS.

“Tapi yang penting masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat dengan cara makan-makanan yang bergizi dan lainnya. Tampa adanya penerapan ini maka mewujudkan bebas stunting sulit tercapai,” ungkap dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here