Beranda DESAKU Amankan Tanaman Petani, Desak BPD Susun Perdes Ternak

Amankan Tanaman Petani, Desak BPD Susun Perdes Ternak

98
0

TANJUNG KEMUNING – Banyaknya ternak bebas keliaran diarea pertanian membuat warga mulai mencari keadilan. Untuk menjamin keselamatan tanaman petani, dibutuhkan aturan jelas yang baku agar sanksi ternak merusak kebun orang dapat memuaskan pemilik kebun. Kemudian, dengan aturan ini pula peternak akan memelihara ternak dengan baik agar tidak merusak tanaman. Setidaknya, pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat menyusun aturan berupa Peraturan Desa (Perdes) tentang hewan ternak.

“Perdes hewan ternak mengatur sanksi maupun tindakan lain yang melindungi pemilik kebun ata tanaman yang dirusak hewan. Sehingga, penerapan Perdes ternak ini akan mengurangi resiko konflik antar warga,” ujar Rikiansyah Munandar (40) warga Desa Aur Ringit Kecamatan Tanjung Kemuning, Senin (7/9).

Menurutnya, Perdes ternak ini akan menjadikan pemilik ternak lebih serius merawat dan memelihara hewannya. Perdes juga mampu menjaga kondisi hubungan baik sesama warga. Apalagi, kerusakan tanaman akibat ternak sangat rentan menimbulkan keretakan hubungan sosial di masyarakat. Oleh karenanya, penting bagi pemerintah desa dan BPD menerbitkan Perdes tersebut. Setidaknya, antara petani dan peternak sama-sama dilindungi hak mereka sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perdes tentang hewan ternak sudah sangat penting segera diterbitkan. Isi dari Perdes ini tentunya memberikan jaminan hukum kepada petani dan peternak agar tidak menjadi benih konflik sosial,” ungkapnya.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here