Beranda Lintas Kecamatan Abrasi Sungai Nasal Ancam Pemukiman

Abrasi Sungai Nasal Ancam Pemukiman

60
0
DEDI JULIZAR/RKa
ABRASI: Kondisi abrasi di Sungai Nasal Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal makin parah, Sabtu (6/2).

NASAL – Abrasi di Sungai Nasal Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal makin parah. Selama tahun 2020 lalu, abrasi sudah memakan lahan ke arah permukiman mencapai 2 meteran. Jika kondisi ini tidak mendapatkan perhatian dari Pemda Kaur. Dengan cara mengajukan perbaikan bangunan beronjong ke pemerintah pusat. Maka permukiman desa ini akan terancam.

“Memang sejak beronjong rusak akibat banjir 2019 lalu. Tanah longsor di bantaran sungai makin parah. Setiap banjir, dipastikan tanah akan tergerus,” terang Khairan (54) warga Desa Suku Tiga.

Lanjutnya, sebelum terjadi banjir yang merusak beronjong. Abrasi akibat sungai banjir tidak ada terjadi. Perlu diketahui, kini aliran sungai sudah kembali pindah dari lokasi semula. Bahkan aliran perubahan sungai ke arah permukiman sudah mencapai tiga meter. Jika tidak ada tanggapan, maka kondisi ini makin lama akan makin parah.

“Kami kini khawatir dengan perubahan jalur air ini. Karena mengancam keselamatan rumah warga yang tinggal di bantaran sungai. Karena itulah kami harap ada perhatian kembali. Dengan dibangun beronjong seperti dulu,” ungkap dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here