Beranda Lintas Kecamatan Abrasi Pantai Tinggal 5 Meter ke Pemukiman

Abrasi Pantai Tinggal 5 Meter ke Pemukiman

213
0
IST/RKa
ABRASI : Abrasi pantai Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal terus mendekati pemukiman warga, Senin (21/6).

RKa ONLINE, NASAL – Abrasi pantai di Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal makin memprihatinkan. Sudah lebih dari 10 meter daratan sudah menjadi pantai. Akibatnya, di sebagian titik, jarak pemukiman dengan pantai kini hanya 5 meter lagi. Kondisi ini butuh penanggulangan segera. Dengan membangun talud penahan abrasi.

Sekdes Tebing Rambutan Wiri Lantoni membenarkan, bahwa laut di desanya sudah menggerus daratan. Bahkan, jika gelombang besar ombak sudah memasuki pemukiman. Kondisi ini membuat mereka prihatin. Karena itulah, mereka berharap kondisi ini bisa menjadi perhatian pemerintah.

“Saat terjadi gelombang besar beberapa waktu lalu, sudah ada air laut sampai pemukiman warga. Kondisi ini membuat kami khawatir. Jika dibiarkan, kondisi abrasi semakin parah,” ungkapnya.

Kini mereka sedang berupaya, tambah Sekdes Tebing Rambutan, dengan membuat profosal untuk diajukan pembangunan talud. Dengan harapan pengajuan yang mereka lakukan ini bisa ditanggapi. Panjang abrasi di desa mereka ini berkisar 1.000 meter. Tapi terparah ada pada titik – titik tertentu saja.

“Bagi kami pembangunan talud ini tidak harus dilaksanakan sekaligus. Karena jelas menelan biaya besar. Bisa dilakukan pengkajian, titik – titik tertentu dulu. Khususnya menyangkut lokasi pemukiman warga,” ungkap dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here