Beranda Lintas Kecamatan Abrasi Pantai, Puluhan Pohon Kelapa Tumbang

Abrasi Pantai, Puluhan Pohon Kelapa Tumbang

140
0
DEDI JULIZAR/RKa
ABRASI: Kondisi abrasi pantai Desa Linau Kecamatan Maje makin parah, Minggu (19/9).

RKa ONLINE, MAJE – Abrasi di pantai Desa Linau Kecamatan Maje terutama di dekat rumah permukiman semakin memprihatinkan. Sudah puluhan batang pohon kelapa milik warga setempat tumbang akibat tergerus air laut. Kondisi ini salah satu dampak dari adanya penahan abarsi di Pelabuhan Linau. Dikarenakan tarikan arus laut berubah alurnya dari pelabuhan ke lokasi masih hamparan pasir.

“Memang di belakang rumah kami abrasi sudah makin parah. Dalam dua tahun ini sudah banyak kelapa warga tumbang karena tergerus air laut. Ditaksir sudah lebih dari dua meter pantai melebar ke arah rumah kami,” sebut Syukurdi (64) toko masyarakat Desa Linau.

Lanjutnya, kalau tidak ada pembangunan talut penahan abrasi. Maka semakin lama, abrasi akan semakin parah. Hal ini disebabkan kondisi tarikan arus laut dari arah pelabuhan akan terus mengarah ke pantai yang tidak ada penahan ombaknya. Kondisi jelas membuat warga setempat akan prihatin. Tapi mereka tidak bisa berbuat banyak menghadapi kondisi ini. Sebab untuk mengatasi masalah ini memerlukan biaya besar.

“Kalau kami Cuma bisa pasrah saja. Kalau tidak pembangunan penahan gelombang di buat di pantai arah rumah kami. Sebab kami tidak bisa membuat penahan abrasi ini secara swadana. Sebab membutuhkan biaya yang besar,” kata dia. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here