Beranda Tak Berkategori Abrasi Pantai Batu Lungun Makin Parah

Abrasi Pantai Batu Lungun Makin Parah

91
0


NASAL – Abrasi di Pantai Desa Gedung Menung Kecamatan Nasal semakin parah. Saat ini sawah milik masyarakat sudah mulai terancam. Akibat abrasi, empat hektar kebun kelapa milik warga setempat sudah hilang tergerus. Kondisi ini sampai sekarang belum mendapatkan perhatian pemerintah. Sementara warga setempat terus prihatin dengan kondisi lingkungan mereka.

Tokoh masyarakat Desa Gedung Menung Sutardi (64) mengakui, bahwa abrasi di desa mereka tidak mendapatkan perhatian pemerintah. Akibatnya, sudah banyak kerugian yang dialami warga. Diharapkan kondisi ini segera diperhatikan. Jika terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan lambat laun akan membuat sawah masyarakat habis tertimbun pasir.

“Kalau pasang besar, ombak akan masuk sampai sawah. Bahkan sudah mendekati permukiman warga. Solusi yang harus dilakukan harus dilakukan pemasangan tanggul di pantai,” ujarnya.

Perlu diketahui, sebutnya, dulu di pantai itu ada tanaman pohon cemara. Akibat abrasi tanaman pohon cemara yang luasnya lebih dari empat hektar hilang. Penanganan abrasi di pantai mereka ini harus satu paket dengan penanganan Sungai Nasal. Sebab satu jalur, jika tidak ditangani secara bersamaan hasilnya tidak maksimal.

“Muara Sungai Nasal harus dibuat permanen. Supaya abrasi di pantai desa kami bisa diatasi dengan baik. Memang untuk melakukan penanganan abrasi ini membutuhkan biaya besar,” tuturnya. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here