Beranda Lintas Kecamatan Abrasi, Hamparan Sawah Terus Berkurang

Abrasi, Hamparan Sawah Terus Berkurang

18
0


HERPIN/RKa
ABRASI : Hamparan Sawah Pengaringan Desa Coko Enau terus tergerus akibat abrasi penambangan galian C, Sabtu (4/9).

RKa ONLINE, KAUR UTARA – Ratusan hektar hamparan sawah di daerah Pengaringan Desa Coko Enau sudah banyak berkurang. Pasalnya, abrasi sungai Pandang Guci semakin parah, dikarenakan galian C yang ada di hilir sungai Padang Guci semakin giat mengambil batu dan pasir.

Kades Coko Enau, Surianto kepada Radar Kaur (RKa), mengatakan pada musim penghujan, memang debit air masih bisa mencukupi untuk mengairi persawahan. Tetapi pada musim kering sudah tidak mampu lagi.

Lanjutnya, berkurangnya hamparan sawah karena tidak ada penahan air. Sehingga warga bermusyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa untuk mencari solusi yang terjadi.

“Harapan warga memang dibagun bronjong sepanjang 200 meter dengan ketinggian 1,8 meter. Tetapi dengan menggunakan dana desa tidak akan mencukupi,” jelasnya.

Harapan selanjutnya adalah mengajukan proposal ke Balai Sungai Sumatera 7 Bengkulu, untuk mengatasi abrasi sungai Padang Guci.

“Bukan hanya di satu hamparan, tetapi hampir seluruh hamparan yang dilalui sungai Padang Guci, persawahan tidak berfungsi dengan baik. Jika ini tidak ditindaklanjuti, kemungkinan terbesar lahan persawahan berkurang dan produksi padi sudah jelas akan berkurang,” ungkapnya.(pin)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here