Beranda Lintas Kecamatan 95 Persen Nelayan Cari Benur, Ikan Sepi

95 Persen Nelayan Cari Benur, Ikan Sepi

194
0

NASAL – 95 persen nelayan di Desa Merpas Kecamatan Nasal cari benur (baby lobster). Akibatnya, kini ikan hasil tangkapan nelayan sepi. Dengan kondisi ini harga ikan tinggi. Bahkan pasokan ikan untuk pengecer wilayah Nasal saja sulit. Ini dibenarkan oleh pengelola tempat pelelangan ikan Karya Bhakti, Amar Salim (47).

“Hampir seluruh nelayan kini tidak memancing atau menjaring lagi. Mereka kini sudah mencari benur. Karena penghasilan lebih menjanjikan dari mencari ikan,” sebutnya.

Tambah dia, jika ingin melihat bahwa nelayan sudah mencari benur ketimbang ikan. Lihat saja perahu saat pukul 09.00 WIB. Perahu nelayan sudah parkir di pelabuhan. Kalau mencari ikan sudah pasti saat itu mereka belum pulang. Serta lihat saja kondisi ikan di pengumpul. Kalau bukan karena musim ikan, kondisi ikan akan sepi.

“Kalau pembelian benur tidak ditutup secara aturan. Maka saya yakin nelayan mencari benur akan terus berlangsung. Karena mereka sudah merasakan bagaimana penghasilan mereka baik dari mencari ikan,” tutur dia. (mrn)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here