Beranda Berita Utama 82,3 Hektar Tambak, PAD Rp 658,4 Juta

82,3 Hektar Tambak, PAD Rp 658,4 Juta

481
0


IST/RKa
SERAHKAN SKRD : Petugas Dinas Perikanan Kabupaten Kaur menyerahkan SKRD kepada pimpinan PT Dua Putra Perkasa Pratama, Rabu (4/8).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Jumlah tambak udang yang ada di Kabupaten Kaur seluas 82,3 hektar. Dari 29 tambak yang beroperasi di Kabupaten Kaur. Ini sesuai hasil pengukuran yang dilakukan petugas Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Kaur. Dengan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 658,4 juta untuk tahun 2021.

“PAD dari sektor tambak udang tahun 2021 sebesar Rp 658,4 juta. Setelah dilakukan pengukuran. Bagi pengusaha tambak wajib membayar PAD ke daerah melalui bank,” ungkap Plt Kadis Perikanan Kaur Lianto, SP melalui Kasi Perizinan Usaha dan Investasi Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Kaur, Elyan Jumedi, S.Pi, M.Si, Rabu (4/8).

Dikatakan Kasi, seluruh petambak yang ada di Kabupaten Kaur telah diberikan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD). Terhitung tahun 2021, seluruh petambak wajib membayar PAD yang telah ditentukan. Apabila ada petambak yang membandel, maka sanksi tegas akan dijatuhkan, mulai dari teguran hingga pencabutan izin usaha pertambakan.

Penarikan retribusi PAD tambak berdasarkan luas sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 9 tahun 2018. Untuk pembayaran PAD, sebelum ke bank para petambak mengambil Surat Setoran Retribusi Daerah ( SSRD) di Dinas Periaknan.

Jika petambak lalai dalam membayar retribusi daerah, tegas Elyan Jumedi, akan dikenakan denda senilai 25 persen dari total tagihan. Jika tetap bandel, maka izin tambak akan dicabut dan tambaknya akan disegel. Sesuai mekanisme hukum yang berlaku.
Diharapkan kerjasama para petambak untuk menyetorkan retribusi daerah tesebut secara kooperatif. Demi menunjang pembangunan Kabupaten Kaur. (ujr)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here