Beranda Lintas Kecamatan 74 Warga Sukarami I Belum Ada MCK

74 Warga Sukarami I Belum Ada MCK

51
0


RKa ONLINE, KELAM TENGAH – Pemerintah Desa Sukarami I Kecamatan Kelam Tengah melakukan pendataan warga yang belum ada fasilitas Mandi, Cuci dan, Kakus (MCK). Data uang diperoleh ada 74 rumah yang belum ada MCK.

Kades Sukarami I, Sirhan mengatakan, bahwa salah satu fasilitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci dan buang air di lokasi permukiman tertentu yang dinilai berpenduduk cukup padat. Dan tingkat kemampuan ekonomi rendah.

“Sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan mendapatkan sosialisasi akan pentingnya MCK,” kata dia.

Lanjut Kades, bahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kaur juga akan dikoordinasikan dan meminta bantuan untuk membantu pembutan MCK untuk warga miskin.

“74 warga tersebut memang di bawah garis kemiskinan dan sangat membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Sambungnya, saat sosialisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten sudah menjelaskan pentingnya setiap rumah memiliki MCK. MCK rupanya mampu mengubah kebiasaan dan kehidupan warga setempat. Warga yang biasanya mandi dan buang air besar (BAB) di sungai berair kotor, kini punya tempat yang lebih pribadi. “Paling tidak membudayakan masyarakat hidup bersih dan tidak buang air besar di sembarang tempat ataupun di sungai,” pungkasnya.(pin)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here