Beranda Metropolis 600 UMKM Kaur Sudah Terima Bantuan

600 UMKM Kaur Sudah Terima Bantuan

700
0

BINTUHAN – Dari 3.069 Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kaur yang diusulkan menerima bantuan dari program stimulus pemulihan ekonomi dampak Covid-19 yang diluncurkan Menteri Koperasi dan UKM, baru 600 UMKM yang telah mendapatkan bantuan. Masing-masing UMKM mendapatkan Rp 2,4 juta untuk empat bulan. Bantuan langsung masuk ke rekening penerima masing-masing.

“Dari jumlah UMKM yang diusulkan mendapatkan bantuan pemulihan stimulus pemulihan ekonomi, baru 600 UMKM yang sudah menerima,” kata Kadis Koperasi Usaha Kecil Menegah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag) Kabupaten Kaur, Agusman Efendi, SE, MM, Senin (14/9).

Menurut Agusman Efendi, didapatnya data UMKM yang ada di Kaur, sesuai dari hasil pendataan yang dilakukan DiskopUKM dan Perindag. Sistem pendataan, melalui Kepala Desa (Kades) maupun langsung mendatangi pelaku usaha.

Pendataan melalui Kades, petugas Diskop UKM dan Perindang memberikan blangko kepada Kades dan Kades memberikan blangko ke pelaku usaha yang ada di desanya. Pendataan dimulai awal Agustus dan berakhir pada 4 September lalu.
Lanjut Kadis, menentukan UMKM mendapatkan bantuan atau tidak, kementerian yang menetapkan. Diskop UKM dan Perindag sebatas mendata dan menyampaikan data ke kementerian. Untuk UMKM yang bakal mendapatkan bantuan, salah satu syarat tidak memiliki tunggaan di bank atau belum memiliki pinjaman di bank.

“Apabila sudah memiliki pinjaman maupun tunggakan, dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan,” demikian Agusman Efendi. (ujr)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here