Beranda Lintas Kecamatan 6 Faktor Agar PJJ Efektif dan Asyik

6 Faktor Agar PJJ Efektif dan Asyik

361
0

BINTUHAN – Duta Rumah Belajar (DRB) Provinsi Bengkulu, Muhammad Jarnawi, M.Pd mengatakan, setidaknya ada enam faktor agar Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) efektif dan mengasyikan. Yakni layanan pendidikan yang excellent (luar biasa), kompetensi Sumber daya manusia yang tangguh, dan sumber dana yang kuat dan mandiri, didukung fasilitas dan kualitas jaringan internet, budaya inovasi pembelajaran, serta tingkat partisipasi pelajar yang tinggi.

“Akibat pandemi Covid-19 sejak Maret lalu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilangsungkan PJJ. Walaupun kini pelajar jenjang menengah memang telah melalukan tetap muka. Namun tetap dengan pembatasan-pembatasan. Enam faktor itu merupakan pendukung agar PJJ berlangsung efektif dan fun,” ujar Jarnawi, Sabtu (22/8).

Dia mencontohkan salah satu faktor yakni, Involvement student atau tingkat partisipasi  siswa yang tinggi. Program PJJ dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif. Bila ada keterlibatan yang maksimal dari sekolah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasam. Juga adanya umpan balik dari pelajar. Oleh karena itu manajemen sekolah perlu melaksanakan prinsip manajemen modern dan professional. Terutama dalam hal evaluasi kinerja dari setiap program. Mulai dari materi, waktu, kompetensi SDM. Juga sistem jaringan yang dilakukan secara continual improvement (perbaikan berkelanjutan,red).

“Dengan begitu partisipasi siswa nantinya akan terus meningkat. Dan mereka secara aktif bisa berinteraksi langsung  dengan sekolah. Baik itu melalui guru bidang studi atau wali kelas. Efektifitas pelaksanaanaan dapat lebih dirasakan manfaatnya. Juga akan terukur dengan indikator yang yang telah ditetapkan oleh tim kurikulum sekolah,” kata Jarnawi. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here