Beranda BENGKULU RAYA Bengkulu Selatan 6.000 Hektar Sawah dan Jagung Dibantu Benih

6.000 Hektar Sawah dan Jagung Dibantu Benih

10
0

Bantuan Benih
IST/RKa
SERAHKAN BANTUAN : Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE, MM didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan saat menyerahkan bantuan bibit padi dan jagung ke petani, Rabu (22/6).

RADARKAUR.CO.ID, BENGKULU SELATAN (BS) – Sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian yang ada di Kabupaten BS. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan menyalurkan benih padi varietas inbrida (Inpari) dan benih jagung hibrida kepada pemilik lahan pertanian.

Khusus bantuan bibit padi akan disalurkan untuk lahan seluas 5.000 hektar. Sedangkan, bibit jagung akan disalurkan ke lahan pertanaman jagung seluas 1.000 hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan mengatakan, benih padi inbrida merupakan varietas yang lebih kuat terhadap serangan hama dan ancaman lingkungan seperti terendam atau kekeringan.

BACA JUGA: Bina Pelajar untuk Waspada HIV/AIDS

Selan itu, dengan menggunakan benih tersebut secara statistik akan mampu menghasilkan produksi rata-rata 5-7 ton per hektar.

Sementara, untuk bibit jagung varietas hibrida juga memiliki keunggulan yaitu kapasitas produksinya yang tinggi. Bahkan, bisa mencapai sekitar delapan hingga 12 ton per hektarnya.

“Penyaluran bantuan bibit Ini merupakan bantuan tahap kedua yang pendistribusiannya disesuaikan dengan musim tanam pada tahun ini. Untuk bantuan jagung hibrida ini diperuntukkan hanya untuk Kabupaten BS saja,” ungkapnya.

Walaupun belum mengakomodir seluruh lahan pertanian di Kabupaten BS, lanjut Ricky, bantuan bibit padi dan jagung ini telah diperuntukkan bagi 20 kelompok tani yang ada di Kabupaten BS. Yang secara administrasi sudah terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan).

Terpisah, Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE, MM menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu atas bantuan bibit tersebut.

Beliau berharap, dengan adanya bantuan ini akan membuat senang para petani karena mendapat manfaat dan sedikit mengurangi beban para petani untuk mendapatkan bibit yang berkualitas.

“Saya berharap melalui bibit ini, petani akan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Hingga hasil pertanian di Kabupaten BS semakin meningkat ke depannya,” harap Gusnan. (roh)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here