Beranda Berita Utama 54 Linmas Apel Tanpa Seragam

54 Linmas Apel Tanpa Seragam

77
0

KAUR UTARA – Pemandangan kurang sedap terlihat dalam kegiatan apel kesiapan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas), Rabu (25/11) di Polsek Kaur Utara pukul 09.00 WIB. Pasalnya, 54 personel Linmas yang ikut dalam apel kesiapan ini tanpa dilengkapi kostum kebanggaannya. Personel Linmas menggunakan pakaian biasa karena belum ada pakaian dinas yang dibagikan. Padahal, pelaksanaan pengamanan pemungutan suara tinggal menghitung hari. Meskipun demikian, tidak mengurangi semangat personel Linmas mengikuti apel dan mendengar arahan dari Kapolsek dan camat. Apel kesiapan ini guna memastikan seluruh personel Linmas yang akan menjalankan tugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

54 Linmas ini berasal dari dua kecamatan yakni Padang Guci Hilir (Pagulir) sebanyak 18 personel dan 36 personel dari Kecamatan Kaur Utara. Nantinya, Linmas ini akan ditempatkan di TPS sebanyak dua orang. Di Kecamatan Kaur Utara terdapat 18 TPS sedangkan di Kecamatan Pagulir sembilan TPS. Dengan apel kesiapan ini, diharapkan Linmas mempersiapkan diri menghadapi tugas berat. TPS merupakan sarana vital yang menjadi jantungnya puncak pesta demokrasi. Oleh karenanya, pengamanan wajib dijalankan sesuai dengn Standar Operasional Prosedure (SOP) yang berlaku.

Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono, S.Ik, MH melalui Kapolsek Kaur Utara, Ipda Guslin Saswondo mengatakan, apel kesiapan ini dalam rangka mempersiapkan diri Linmas serta pengecekan personel. Jika jumlahnya kurang maka akan segera diketahui dan dilakukan perekrutan tambahan. Dengan demikian, pada saat hari pemungutan suara, Linmas sudaah siap dan dalam kondisi prima. Pengamanan TPS cukup berat, karenanya harus diantisipasi dengan baik. Linmas juga diingatkan agar menjalankan tugas mematuhi SOP dan berdasarkan aturan. Mampu meredam emosi pemilih dan memberi pengertian agar tidak membuat situasi panas.

“Meskipun belum memiliki seragam, namun apel kesiapan Linmas ini tetap semangat. Personel mengikuti kegiatan dengan baik dan kompak. Harapan, tidak ada halangana pada saat pemungutan suara, sehingga semua Linmas yang ditunjuk dapat menjalankan tugas,” papar Kapolsek.

Sementara itu, Camat Kaur Utara, Susnayati, S. Sos menambahkan, kecamatan terus berkoordinasi dengan Satpol PP terkait pakaian seragam Linmas. Dalam waktu dekat ini, mudah-mudahan sudah diterima oleh Linmas. Mas ada kegiatan yang akan diikuti oleh Linmas yakni pelatihan dan simulasi pengamanan TPS. Simulasi bertujuan meningkatkan kemampuan dasar Linmas melakukan pengamanan.

“Harap bersabar menunggu seragam, mudah-mudahan pada saat simulasi sudah diterima,” ucap camat.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here