Beranda Tak Berkategori 327 Warga Buat Surat Pernyataan

327 Warga Buat Surat Pernyataan

130
0
DEDI JULIZAR/RKa
REKENING: Penerima BLT APBD membuat rekening bank BPD di Kantor Camat Nasal, kemarin (11/8).

MAJE – Sebanyak 327 kepala keluarag (KK) calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) APBD Kabupaten Kaur. Untuk Kecamatan Maje dan Nasal membuat rekening di bank BPD, kemarin (11/8). Untuk Kecamatan Nasal calon penerima BLT APBD 179 KK. Sedangkan di Kecamatan Maje 148 KK. Masyarakat penerima BLT APBD untuk tiga bulan terhitung Juni-Agustus. Besar BLT DD bakal diterima Rp 250.000 /bulan.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Ilhamto, S.Sos mengatakan, BLT APBD ini diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19. Mereka ini tidak masuk dalam masyarakat penerima bantuan dari pemerintah yang lain. Sebelum diberikan BLT APBD masyarakat calon penerima diwajibkan membuat surat pernyataan. Bahwa mereka siap mengembalikan jika nantinya terbukti telah menerima bantuan pemerintah melalui program lainnya.

“Mereka yang menerima BLT APBD ini berdasarkan data dari desa. Mereka memang benar – benar belum tersentuh bantuan pemerintah yang lainnya. Jika ada kesalahan data wajib mengembalikan BLT APBD yang telah diterimanya,” ujar dia.

Sebutnya, BLT APBD yang diterima masyarakat langsung melalui rekening pribadi. Tapi perlu diketahui, uang yang mereka di bank tidak ada bunga atau potongan. Uang itu setelah dimasukan dalam rekening nanti akan diberitahu. Setelah uang masuk bisa langsung dicairkan atau mereka simpan di bank.

“Ketika sudah dalam rekening bank BPD uang itu sepenuhnya hak masyarakat. Bisa langsung diambil atau tetap ditabungkan. Tidak ada keharusan yang ditentukan bagi penerimanya harus langsung dicairkan,” jelasnya.

Terpisah, Camat Maje Anshari, S.Sos menegakan, bagi masyarakat di Kecamatan Maje yang mendapatkan BLT APBD. Hendaknya menggunakan uang itu untuk kebutuhan keseharian. Bukan untuk digunakan sesuatu yang sifatnya tidak penting. Sebab BLT APBD ini diberikan Pemda Kaur bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19.

“Jangan sampai BLT APBD ini salah guna. Harus dipergunakan untuk kebutuhan hidup, bukan untuk keperluan lainnya,” sebut dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here