Beranda Lintas Kecamatan 3 Desa Pelatihan RPJMDes

3 Desa Pelatihan RPJMDes

49
0
IST/RKa
SAMBUTAN: Perwakilan Kecamatan Nasal saat sampaikan sambutan dalam kegiatan pelatihan RPJMDes di Balai Desa Suku Tiga, Rabu (28/7).

RKa ONLINE, NASAL – Tiga desa di Kecamatan Nasal yani, Desa Suku Tiga, Gedung Menung dan Batu Lungun pelatihan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes), Rabu (28/7). Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Suku Tiga. Dengan narsumber tenaga ahli pendamping desa Kabupaten Kaur. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan bagi Kades baru. Supaya mereka bisa menyusun program yang baik selama menjabat.

Tenaga ahli pendamping desa Mekson, S.Pd.i menerangkan, penyusun RPMJDes yang akurat penting. Supaya dalam penyusunan di desa khususnya Kades baru. Maka Kades harus membentuk tim penyusun RPJMDes. Dengan ketentuan tujuh orang (ganjil), 30 persen keterwakilan perempuandan ada koordinator bidang.

“Berdasarkan aturan yakni, Permendes nomor: 21 tahun 2020. Pemendagri nomor: 114 tahun 2014 dan Permendagri nomor 20 tahun 2008. Kades baru harus menyusun RPJMDes tiga bulan setelah dilantik,” jelasnya.

Saat melakukan penyusunan RPJMDes, tambah dia, Kades harus mengetahui juga yang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RMPJMD). Supaya program pembangunan di desa dan daerah tidak bertabrakan. Oleh sebab itulah Kades harus meminta RPJMD ke kecamatan atau ke Bapedda-Litbang. Jika RPJMD belum ada, maka format untuk RPJMDes untuk program Pemda jangan dulu di isi.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here