Beranda Berita Utama 3.671 Warga Kaur Terima Beras PPKM

3.671 Warga Kaur Terima Beras PPKM

28
0
IST/RKa
BERAS PPKM : Beras Bantuan PPKM yang tiba di Kecamatan Kaur Selatan dan disalurkan ke desa-desa, Jumat (13/8).

RKA ONLINE, BINTUHAN – 36 ton lebih beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap kedua di Kabupaten Kaur, disalurkan ke masyarakat penerima, Jumat (13/8). Untuk menghindari kerumunan, penyaluran dilakukan berjenjang. Dari kabupaten ke kecamatan-kecamatan dan selanjutnya beras disalur ke desa-desa. Desa kemudian yang menyalur ke warga penerima.

“Untuk penyaluran beras PPKM tahap kedua sudah rampung. Ada 3.671 warga yang menerima beras bantuan,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kaur, Drs H Sidarmin Tetap, M.Pd.

Menurut Kadis, bantuan beras PPKM tahap kedua diberikan kepada masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM. Nama-nama penerima sudah terdata dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Petugas hanya menyalurkan bantuan tersebut ke penerima melalui kecamatan dan desa-desa.

Lebih lanjut Kadis Sosial, untuk bantuan tahap kedua BB PPKM, seluruhnya diterima pihak Kecamatan. Dari kecamatan disalurkan ke desa. Selanjutnya pihak desa menyalurkan beras langsung ke masyarakat penerima.

1,8 Ton di Kaur Utara

Sementara itu, bantuan beras sebanyak 1,8 ton untuk PPKM tahap kedua program BNPT Non PKH disalurkan untuk 10 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Kaur Utara. Satgas Bulog, Rislan,SE kepada Radar Kaur (RKa) mengatakan bahwa bantuan sosial beras dari Bulog untuk Kecamatan Kaur Utara langsung diserahkan ke Kepala Desa (Kades).

“Untuk jumlah se-Kecamatan Kaur Utara sebanyak 1.800 Kg. Dengan rincian Desa Padang Manis 180 Kg, Bandu Agung 370 Kg, Simpang Tiga 260 Kg, Perugaian 200 Kg, Pancur Negara 150 Kg, Gunung Agung 140 Kg, Coko Enau 90 Kg, Guru Agung II 50 Kg, Guru Agung I 120 Kg, Tanjung Betung I 120 Kg dan Tanjung Betung II 120 Kg,” kata Rislan.

Lanjutnya, jika dihutung dengan Kepala Keluarga yang mendapatkan Bantuan Sosial Beras PPKM tahap ke 2 ini sebanyak 180 KK, setiap KK mendapatkan 1 karung beras dengan berat bersih 10 Kg.

Kades Padang Manis Midial Jayadi,SE menjelaskan bahwa penyaluran BSB PPKM tahap ke 2 ini akan disalurkan ke rumah rumah warga menurut data yang diserahkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kaur.

“Tidak akan dikumpulkan disatu titik. Tetapi Perangkat Desa akan terjun langsung kelapangan kerumah warga, untuk menghindari kerumunan warga pada masa vandemi covid 19, semoga bermanfaat bagi warga,” ujarnya.(ujr/pin/Prw)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here