Beranda Berita Utama 235 Hektar Lahan Petani Masuk HGU CBS

235 Hektar Lahan Petani Masuk HGU CBS

47
0
DEDI JULIZAR/RKa
PERTEMUAN: Kepala Regional PT CBS bersama BPN Kabupaten Kaur saat pertemuan dengan Pemdes Muara Dua dan tokoh masyarakat Dusun Kulik Sialang, Rabu (25/8).

RKa ONLINE, NASAL – Lahan kebun masyarakat Dusun Kulik Sialang Desa Muara Dua Kecamatan Nasal yang terploting masuk Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit PT Ciptamas Bumi Selaras (CBS) akan diukur ulang. Direncanakan awal September, kepastian waktu pengukuran masih dalam tahap persiapan. Hal ini sesuai dengan hasil pertemuan pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) Muara Dua dan tokoh masyarakat bersama PT CBS, Rabu (25/8). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kaur.

Lahan kebun milik warga Dusun Kulik Sialang yang masuk HGU 98 bidang. Jika berdasarkan analisa sementara jumlah ini lebih dari 235 hektar (Ha). Setelah dilakukan inventarisasi lahan, maka nanti akan diajukan untuk pelepasan HGU. Pelepasan HGU ini akan melibatkan BPN pusat.

“Kita sudah respon seluruh keinginan warga Dusun Kulik Sialang. Kami akan lakukan pengukuran bersama di lapangan. Tentu saja dalam pengukuran ini melibatkan BPN. Oleh sebab itulah saat pertemuan ini BPD kami undang,” jelas Kepala Regional PT CBS Ivan Roy, M.Si.

Tambahnya, jika semua proses pengukuran sudah selesai. Maka pihaknya akan mengajukan ke pusat untuk proses enclave. Sehingga dengan cara itulah lahan milik warga akan lepas dari dalam HGU. Sertifikat dilahan masuk HGU tidak berlaku lagi. Dengan demikian lahan warga tersebut bisa disertifikatkan sebagai hak milik mereka.

“Kini semua dalam tahapan proses menuju pelepasan lahan masyarakat dari HGU. Hanya saja tidak bisa dilakukan secara instan. Harus melewati mekanisme sesuai ketentuan hukum,” ujar Ivan Roy.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here