Beranda Berita Utama 215 PSM Dibekali Pendataan Hingga Pendampingan Bansos

215 PSM Dibekali Pendataan Hingga Pendampingan Bansos

133
0
IST/RKa
MATERI : Kadis Sosial Kabupaten Kaur Drs H Sidarmin Tetap, M.Pd menyampaikan materi dalam sosialisasi pengentasan kemiskinan baru-baru ini.

BINTUHAN – 215 Petugas Sosial Masyarakat (PSM) yang ada di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur telah mengikuti sosialisasi tentang pendataan verifikasi validasi data keluarga miskin penerima bantuan sosial tahun 2020. Dengan mengusung tema kegiatan pengetasan kemiskinan sebagai prioritas dalam pembangunan Kaur menuju masyarakat makmur dan sejahtera. Kegiatan sosialisasi bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Padang Kempas selama lima hari, 30 November hingga 4 Desember 2020 dan dibuka Kadis Sosial Drs H Sidarmin Tetap, M.Pd.

“Setelah mengikuti sosialisasi, diharapkan PSM bisa mejalankan tugas lebih baik,” terang Kadis Sosial Kaur Drs H Sidarmin Tetap, M.Pd, Rabu (16/12).

PSM bertugas melakukan pendampingan dan pendataan bagi masyarakat penerima Bantuan Sosial (Bansos) di Kaur. Selain melakukan pendampingan, PSM juga melakukan pendataan, verifikasi dan validasi data keluarga miskin.

Tugas PSM mulai dari pendataan calon penerima Bantuan Sosial (Bansos), pendampingan penerima Bansos, serta penginputan data penerima. Setelah mengikuti sosialisasi, bentuk-bentuk masyarakat yang bisa menerima bansos tentunya harus lebih diperhatikan. Jangan sampai masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan justru tidak terdata. Sebaliknya masyarakat yang seharusnya sudah tidak termasuk menerima bantuan, justru dapat bantuan.

“Sehingga sangat diharapkan PSM bisa menjalankan tugas dengan baik. Sehingga apa yang dicita-citakan pengetasan kemiskinan sebagai prioritas dalam pembangunan Kaur menuju masyarakat makmur dan sejahtera dapat terwujud,” terang Sidarmin.

PSM Kaur tahun 2021 telah diusulkan ke Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendapatkan honor atau insentif dari pemerintah. Mudah-mudahan tahun 2021 usulan pengajuan honor bagi PSM disetujui dan kesejahteraan petugas PSM akan terbantukan. (ujr/prw )




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here