Beranda Bengkulu Selatan 188 Desa Belum Cairkan DD

188 Desa Belum Cairkan DD

291
0

BENGKULU SELATAN (BS) – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan (BS) sudah memproses penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SPPD) untuk pengajuan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Dari 124 desa di Kabupaten BS baru 24 desa yang mencarikan DD/ADD tahap pertama. Sedangkan, 118 desa lagi belum mengajukan pencarian DD/ADD. Diperkirakan 188 desa yang belum mengajukan DD/ADD ini APBDes mereka belum di tanda tangani oleh BPD.

“Untuk proses pencairan DD tetap melalui KPPN Manna, setelah SPPD diterbitkan BPKAD BS, pihak KPPN akan mentransfer dana ke rekening kas desa. Sedangkan pencairan ADD langsung diproses di BPKAD dengan ditranfer ke rekening kas desa,” ujar Kepala BPKAD BS, Lismanto Bayu SE melalui PPTK DD/ADD, Ujang Ali S.Sos.

Dikatakan Ujang Ali, pencairan DD/ADD tahap pertama di tahun ini sebesar 40 persen, tahap kedua sebesar 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. Untuk persyaratan pengajuan pencairan DD di tahun ini wajib menyampaikan dokumen APBDes yang sudah disahkan BPD dan Pemdes, menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) dan pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar delapan persen.

“Saat ini sudah 24 desa ajukan pencairan DD/ADD tersebar di delapan kecamatan dari 11 Kecamatan di BS bagi Pemdes belum mengajukan pencairan di minta untuk segara mengajukan. Karena, maret ini diharapkan DD tahap pertama sudah tuntas,” katanya. (rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here