Beranda Berita Utama 108 CJH Manasik Haji

108 CJH Manasik Haji

66
0
UJANG/RKa
ARAHAN : Plt Asisten 1 Robi Antomi, S.PI memberikan arahan kepada CJH Kabupaten Kaur dalam manasik haji di masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Selasa (9/3).

BINTUHAN – Walaupun saat ini kepastian menunaikan ibadah haji tahun 2021 masih menunggu keputusan pemerintah pusat atau Kementerian Agama. Namun Pemda Kaur mulai menggelar kegiatan manasik haji bagi 108 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kaur. Kegiatan manasik haji dibuka oleh Plt Asisten 1 Pemda Kaur Robi Antomi, S.PI dan dihadiri Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kaur, Bujang Ruslan, S.Pd serta diikuti oleh seluruh CJH Kabupaten Kaur. Kegiatan manasik bertempat di Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Selasa (9/3).

“Manasik haji bagi CHJ yang akan menunaikan ibadah haji untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan menunaikan ibadah haji. Kegiatan dilakukan oleh Pemda Kaur selain nantinya manasik akan dilaksanakan oleh Kemenag Kaur,” kata Asisten 1 Robi Antomi.

Dikatakan Robi, manasik haji akan dilaksanakan selama 12 kali sebelum CJH berangkat ke tanah suci tahun 2021 ini. Dalam manasik CJH diberikan bekal untuk persiapan berangkat haji, mulai dari kesiapan diri sendiri. Kemudian pemeriksaan kesehatan, administrasi hingga tata cara melaksanakan ibadah haji dan sebagainya.

Lanjut Robi, kegiatan manasik ini dilakukan untuk persiapan CJH yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2021. Dengan adanya manasik diharapkan CJH Kaur mengerti dan paham bagaimana melaksanakan ibadah haji dan juga apa saja persiapan yang harus disiapkan setiap jemaah.

“Manasik sengaja disiapkan jauh hari walaupun belum ada kepastian dari pemerintah soal keberangkatan haji tahun ini. Dan kita berharap tahun ini walaupun masih di tengah wabah covid-19, pelaksanaan haji bisa berjalan dan tidak lagi ditunda seperti tahun lalu,” terangnya.

Ditambahkan Asisten, dalam memberikan pemahaman tentang tatacara menunaikan ibadah haji atau manasik haji Pemda Kaur dan Kemenag Kaur tetap mengajak CJH Kaur untuk menjaga kesehatan. Serta selalu menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) agar terhindar dari Covid-19. (ujr/prw)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here