Beranda Tak Berkategori 107 Sekolah Terima BOS Afirmasi dan Kinerja

107 Sekolah Terima BOS Afirmasi dan Kinerja

79
0

BINTUHAN- Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Kaur Endy Yulizar, SP, MP melalui Kabid Dikdas, Lisarmawan, S.Kom membenarkan ada 107 sekolah yang tercatat, sebagai sebagai penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja tahun 2020. (Selengkapnya Lihat Daftar). Hal itu berdasarkan Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) NOMOR 582 /P/2020. Dan masing-masing penerima mendapat dana bantuan masing-masing sebesar Rp 60 Juta.

Untuk implementasi penggunaan dana, dirinya berharap agar dilakukan asas manfaat. Seperti misalnya penyadaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang dibutuhkan dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring).

“Iya benar. Untuk Surat Keterangan (SK) masih dalam proses. Memang dalam Petunjuk dan Teknis (Juknis) dananya bisa untuk apa saja. Namun hemat kami Dispendik Kaur, khususnya untuk satuan pendidikan yang berada di nauangan kami. Pembelanjaan BOS Afirmasi atau Kinerja. Harus mendahulukan mana yang lebih penting. Misalnya pengadaan Sarpras penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Atau pengadaan TIK untuk pembelajaran Daring,” papar Lisarmawan.

Kabid Dikdas mengatakan, Pandemi Covid-19 saat ini belumlah selesai ditangani. Kemungkinan terburuk bila nanti ada masyarakat yang terpapar. Maka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) disekolah segera dialihkan kembali ke Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Karenanya, pengadaan sarana TIK untuk PJJ mekanisme Daring. Termasuk hal yang harus segera dipenuhi.

“Satu orang saja warga Kaur yang terinfeksi. Suka tidak suka, mau tidak mau. KBM tatap muka akan dihentikan harus menunggu edaran lagi. Karenanya pengadaan TIK sebagai prasarana PJJ metode Daring. Untuk fokus kedua pengunaan bantuan ini,” tegas Kabid Dikdas.

Tak hanya sekolah berstatus negeri, sekolah swasta juga menerima bantuan ini. Sebut saja SMKS Maarif Kaur yang menerima BOS Afirmasi, atau SMKS Bina Husada Kaur (BHK) yang menerima BOS Kinerja. Untuk penerima BOS Afirmasi tercatat 77 sekolah penerima. Sedangkan untuk BOS kinerja ada 30 sekolah penerima.

Terpisah, Kepala SMAN 11 Layanan Khusus (LK) Kaur, Satarudin, S.Pd juga membenarkan bahwa sekolahnya mendapatkan bantuan. Dia mengatakan jumlah Dana BOS lebih kecil dibanding tahun lalu. Namun jumlah sekolah penerima bertambah dibanding tahun sebelumnya. Di tahun 2019 lalu, besar bantuan yang diterima setiap sekolah Rp 120 Juta.

“Iya benar, Alhamdulillah sekolah kami tahun ini mendapat bantuan dana BOS Kinerja. Untuk penggunaan disekolah kami lebih ke pengadaan sarpras protokol kesehatan dan perbaikan ringan sekolah,” ujar Satarudin.

Secara teknis, penggunaan BOS Afirmasi dan BOS kinerja sama seperti BOS regular. Dimana penggunaannya tergantung kepala sekolah, selama hal tersebut adalah kebutuhan sekolah.(yie)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here